PNS Panen Liburan

Desember 27, 2008 at 2:32 pm (Berita 2008)

* Berharap Layanan Tetap Buka

Saturday, 27 December 2008


SURABAYA – SURYA

Menjelang pergantian tahun, ribuan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Surabaya seperti mendapat durian runtuh. Ini menyusul panjangnya waktu libur untuk karyawan pelat merah tersebut.

Berdasar surat edaran Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, serta Menteri Negera Pendayagunaan Aparatur Negara tentang pengaturan libur Natal, tahun baru Hijriah dan tahun baru 2009, PNS mendapatkan jatah libur pada 25 – 26 Desember. Pada 30 – 31 Desember masuk kerja. Setelah hari kejepit ini, libur lagi 1 – 2 Januari 2009 dan baru efektif masuk kerja 5 Januari.
Bila dihitung, setidaknya PNS akan menikmati masa liburan selama sembilan hari. Yakni pada 25 – 29 Desember, dan 1- 4 Januari 2009 nanti. Dengan panjangnya waktu libur ini, pemkot diminta tidak melalaikan tugasnya memberikan layanan publik kepada masyarakat.

Samsul, 45, warga Tegalsari mengatakan, meski libur adalah hak PNS, pihaknya sebagai warga berharap para aparat pemerintah tetap membuka kantor-kantor untuk layanan publik. Seperti, Dispenduk Capil, PDAM, dan dinas lainnya. “Kalau kantor-kantor public service tutup, lantas ke mana kita ngurus perizinan. Makanya mesti libur, saya berharap layanannya tetap buka,” tegasnya kepada Surya, Jumat (26/12).

Harapan Samsul bisa jadi terwujud. Kemarin saja, meski libur cuti bersama Natal, PNS di sejumlah instansi pemkot terlihat masuk kerja. Seperti, di Dinas Pariwisata, Dinas PU Binamarga dan Pematusan, dan Bakesbang Linmas.

Kepala Dinas PU Binamarga dan Pematusan, Sri Mulyono mengatakan meski dirinya merayakan Natal, tetapi dalam kondisi musim hujan seperti saat ini harus selalu on call untuk turun ke lapangan. “Makanya saya tetap masuk kerja dan tak cuti ke luar kota,” jelasnya.

Dikonfirmasi hal itu, Wakil Walikota Surabaya, Arif Afandi mengatakan bahwa cuti merupakan hak dari semua pegawai. Sehingga mau digunakan atau tidak, semuanya terserah masing-masing PNS.

Pemerintah pusat, kata Arif mengeluarkan kebijakan cuti bersama sebagai bentuk menghormati warga yang merayakan Natal, Tahu Baru Hijriah, dan Tahun Baru 2009. Meski demikian, pihaknya tetap minta satuan kerja pemerintah daerah (SKPD) tetap buka seperti hari biasa untuk memberi pelayanan publik. “Bagi mereka yang tetap masuk kerja dan tak menggunakan hak cutinya, tentu akan dinilai sebagai prestasi kerja,” tegasnya. uji

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: