Hujan Sampai Akhir April

Februari 12, 2009 at 10:06 am (Berita 2009)

Kamis, 12 Februari 2009

SURABAYA | SURYA

Selama tiga bulan ke depan, warga Surabaya dan sekitar bakal diguyur hujan terus-menerus. Musim hujan tahun ini diperkirakan lebih panjang 15 hari dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Itu diungkapkan Kasi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Tanjung Perak Surabaya Arif Triono, Rabu (11/2). “Fenomena ini terjadi akibat anomali kondisi alam,” ungkapnya.

Di tengah hujan panjang, lanjutnya, kemungkinan muncul badai tropis yang memicu cuaca buruk di sejumlah perairan Indonesia. Pasalnya, sejak Desember hingga Februari ini baru ada satu badai, yakni Badai Freddy pada 7 Februari 2009. Padahal, berdasar statistik, biasanya ada tiga sampai lima badai tropis yang muncul di barat Australia dan pengaruhnya sampai Indonesia.

Peringatan agar warga waspada juga disampaikan Kasi Data dan Informasi BMG Juanda Surabaya Endro Tjahjono. Hujan lebat, katanya, bakal terjadi sampai akhir Februari 2009. Arif minta nelayan dan nahkoda benar-benar waspada, karena gelombang di bagian tengah dan utara Jatim, bakal naik lagi hingga setinggi empat meter. Bahkan, di laut selatan Jatim, pulau Bawean, Masalembo, dan Bali, tingginya mencapai lima meter. “Dengan gelombang seperti itu, berbahaya bagi semua jenis pelayaran,” tegas Arif.

Buruknya cuaca juga sudah dirasakan para penumpang pesawat. Seperti terjadi Senin (11/2), pihak Bandara Internasional Juanda Surabaya terpaksa menutup jadwal penerbangan selama 30 menit (17.20 WIB – 17.50 WIB) karena cuaca buruk.
Staf Air Duty Manager (ADM) Bandara Juanda Besar mengatakan, penutupan bandara dilakukan karena cuaca yang ada tidak mendukung dan berbahaya untuk penerbangan.
“Tapi sekarang sudah di normal kembali,” ujarnya, Senin (11/2) malam. uji

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: