Maret, Bentang Tengah Suramadu Tersambung

Februari 23, 2009 at 2:06 pm (Berita 2009, Suramadu)

18bentang_tengah_uji-1

foto: surya/mujib anwar

BENTANG TENGAH – Sejumlah pekerja asal China sedang memasang dan mengelas balok girder di pier 37 Jembatan Suramadu untuk menyambungkan bentang tengah jembatan dengan sisi Surabaya.

Kamis, 19 Februari 2009

SURABAYA | SURYA-

Pembangunan bentang tengah Jembatan Suramadu diperkirakan segera rampung menyusul akan tersambungnya jembatan di sisi Madura. Kalau tidak terkendala cuaca, diperkirakan Maret 2009 proses penyambungan sudah selesai. Pasalnya, saat ini pembangunan bentang tengah (main span) sudah 82,12 persen, sementara jembatan penghubung (approach bridge) sisi Madura 82,21 persen. 

Kepala Satuan Kerja Sementara (SKS) Pembangunan Jembatan Nasional Suramadu Bentang Tengah Atiyanto Busono mengatakan, saat ini pengerjaan proyek bentang tengah tinggal menyelesaikan pemasangan sambungan (closure) terakhir untuk penyambungan dengan sisi Madura. Pihaknya berharap akhir Februari 2009 pemasangan closure sudah rampung. “Sebulan berikutnya (Maret 2009) kami harapkan pengerjaan bentang tengah selesai,” ujarnya, Rabu (18/2).

Setelah pemasangan sambungan selesai, pengerjaan proyek akan diarahkan pada sejumlah kegiatan finishing, seperti pengaspalan badan jalan, memasang rambu lalu lintas dan lampu penerangan jalan umum (PJU).

Agar selesai sesuai target, pengerjaan proyek jembatan Suramadu dilakukan selama 24 jam penuh dengan di bagai dua, shift pertama masuk pukul 06.00 – 18.00 WIB dan shift kedua masuk pukul 18.00 – 06.00 WIB.

Dasuki, Wakil Manajer Pembangunan Pier 37, membenarkan tidak pernah berhentinya aktivitas pembangunan proyek Suramadu. “Mereka (pekerja) tetap bekerja 24 jam penuh, meski cuaca kurang mendukung,” ujarnya ketika melihat pekerjaan yang dilakukan para pekerja China di pier 37.

Abdul, salah satu pekerja mengatakan, para pekerja baru berhenti kalau cuaca benar-benar sudah tidak memungkinkan, misalnya, hujan yang turun sangat lebat. “Tapi, setelah hujan reda ya balik kerja lagi,” tukasnya.

Sementara itu, setelah menyelesaikan eksekusi lahan akses ke Suramadu di sisi Surabaya, jalan akses ke Suramadu terlihat mulai rampung dan tinggal finishing. Saat ini, tinggal memasang PJU, rambu lalu lintas, membangun jembatan penyeberangan orang (JPO) di depan SMPN 15 Surabaya, dan menanam tanaman hias di sepanjang jalur menuju jembatan.

Sementara akses Suramadu di sisi Madura masih dilakukan pengerukan tebing dari lahan yang baru dieksekusi. Setelah itu, barulah pembangunan jalan akses untuk ruas yang belum dilanjutkan kembali.
Hingga Februari ini progres total pembangunan Suramadu mencapai 89,28 persen. Rinciannya, causeway sisi Surabaya 99,81 persen dan jalan pendekat 97,74 persen. Untuk bentang tengah, cable stay mencapai 84,65 persen dan approach bridge 78,45 persen. Sedangkan causeway sisi Madura sudah rampung 100 persen, tapi jalan pendekatnya baru 83,92 persen. uji

Iklan

1 Komentar

  1. KIRMAN said,

    Aku bangga Indonesia membangun untuk masa kini dan masa depan selamat bekerja para pekerja yang baik, Tuhan memberkati karya bangsa Indonesia, Madura sekarang tidak terpisah dengan Jawa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: