13 Juni Suramadu Gratis

Juni 12, 2009 at 1:03 pm (Suramadu)

Minggu, 7 Juni 2009
  • Kecepatan Motor Maksimal 40 Km/Jam
  • Tarif Dilaunching 9 Juni 2009

SURABAYA  | SURYA

Warga Jatim bisa menjajal nikmatnya melintasi Jembatan Suramadu pada 13 Juni 2009, tiga hari setelah bangunan sepanjang 5,438 kilometer itu diresmikan Presiden. Pada masa uji coba, sekitar dua minggu sampai satu bulan, warga bisa melintasi jembatan senilai Rp 4,5 triliun itu secara gratis. Setelah itu, kemungkinan dikenai tarif.

Sebenarnya, tol Suramadu itu hanya untuk kendaraan roda empat atau lebih, sesuai Pasal 38 PP 15/2005. Supaya roda dua bisa lewat, pemerintah perlu merevisi PP itu. Dirjen Bina Marga Departemen PU Hermanto Dardak berharap revisi PP segera selesai agar pengendara roda dua dapat mengakses lintasan motor selebar 3 meter yang sudah disiapkan.

Saat menjajal tol Suramadu, Sabtu (6/6), Hermanto juga berharap agar jalur motor yang terpisah dari jalur roda empat ini dilengkapi jalur darurat untuk mengantisipasi kalau sewaktu-waktu ada motor yang mogok atau ban kempes. “Itu penting untuk memudahkan evakuasi,” jelasnya.

Suramadu, lanjut Hermanto, aman bagi pengendara motor. Pengendara tak perlu takut tiupan angin, karena ada pagar pembatas setinggi lebih dari satu meter. Tiupan angin kencang hanya akan mengenai kepala atau helm. Terkait ini, kecepatan motor disarankan maksimal 40 km/jam (butuh waktu sekitar 15 hingga 20 menit untuk melintasi jembatan).

AG Ismail, Kepala Balai Jalan Besar Wilayah V, menambahkan, meski diresmikan 10 Juni 2009, tol Suramadu baru dioperasikan 13 Juni atau tiga hari setelah peresmian. Jeda waktu tiga hari ini akan dipakai membereskan tenda, panggung, dan peralatan yang dipakai peresmian.

Setelah resmi dioperasionalkan, uji coba untuk umum akan berlangsung selama dua minggu sampai satu bulan. Pada masa uji coba, pengendara tidak dipungut biaya. Meski gratis, pengendara tetap diberi karcis, karena ini merupakan prosedur standar.

Kapan tarif tol Suramadu mulai diberlakukan? Hermanto menyatakan, tarif akan dirilis 9 Juni 2009, sehari menjelang peresmian. Meski belum berani membeber tarif pastinya, dia menegaskan tarif tol Suramadu lebih murah dibanding feri. Penentuan tarif, katanya, mempertimbangkan investasi, keberlangsungan operasional jembatan, dan kemampuan masyarakat untuk membayar.

Sementara itu, sekitar 1.000 ulama Jatim dan 100 tokoh serta intelektual Madura dipastikan akan hadir dalam upacara peresmian Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) pada 10 Juni 2009. Tak hanya itu, 250 pengurus dewan pembangunan Madura, para pensiunan jenderal TNI dan Polri juga diundang dalam peresmian. Total undangan sekitar 5.000 orang.

Ketua Dewan Pembangunan Madura Achmad Zaini saat ditemui di rumahnya, Sabtu (6/6), menjelaskan, para ulama dan intelektual sengaja diundang agar bisa menyaksikan langsung jembatan yang menjadi impian rakyat Madura selama bertahun-tahun. Peresmian Suramadu, katanya, merupakan peristiwa bersejarah yang harus disaksikan dan dikenang sepanjang masa. Zaini yang juga Ketua Forum Intelektual Indonesia itu menambahkan, acara peresmian bakal dimajukan pukul 08.00 WIB, semula pukul 10.00 WIB. uji/jos

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: