Beban 10 Ton Lolos Suramadu

Juni 12, 2009 at 1:05 pm (Suramadu)

Sabtu, 6 Juni 2009


SURABAYA – SURYA

Hanya kendaraan bermuatan tak lebih dari 10 ton yang boleh melintasi Jembatan Suramadu. Ini untuk menjaga agar lintasan sepanjang 5,438 kilometer tak cepat rusak.
“Kalau muatannya lebih 10 ton, langsung kami suruh balik,” tegas Kepala Balai Jalan Besar Wilayah V AG Ismail, Jumat (5/6).

Untuk memastikan berat kendaraan yang melintasi jembatan senilai Rp 4,5 triliun ini tidak melebihi beban yang ditentukan, kata Ismail, pihaknya akan memasang alat pengukur beban atau weight in motion (WIM) yang terkomputerisasi. Alat ini dipasang di dua sisi jalan akses sebelum masuk pintu tol Suramadu, yakni sisi Surabaya dan Madura.

Konsep yang diterapkan ini mirip program zero to overloading yang diterapkan Dishub & LLAJ Jatim di jembatan timbang. Di mana muatan kendaraan tidak boleh melewati batas tonase yang ditentukan.
Menurut Ismail, meski batas maksimal berat kendaraan yang lewat dibatasi, jembatan yang diperkirakan bisa berusia minimal 100 tahun ini dapat terancam konstruksinya, jika di bentang tengah terjadi kemacetan dengan lebih dari 40 kendaraan.

Sementara itu, pada H-5 menjelang peresmian Jembatan Suramadu 10 Juni oleh Presiden SBY, sejumlah pengerjaan fisik untuk finishing belum juga rampung. Misalnya pengerjaan pintu tol sisi Surabaya, pemasangan lampu, dan pengerjaan marka jalan. Mengenai ini, Ismail menyatakan, ”Secara keseluruhan progresnya sudah 99,99 persen,” imbuhnya.

Peresmian jembatan terpanjang di Indonesia ini akan dimeriahkan parade 16 kapal. “Ini untuk menyemarakkan peresmian jembatan paling monumental di Indonesia,” ujar Kabid Perhubungan Laut Dishub & LLAJ Jatim Bambang Jatmiko kepada Surya, Jumat (5/6).

Kapal-kapal tersebut, kata Bambang, berasal dari masing-masing satuan kerja di Pelabuhan Tanjung Perak. Seperti, kapal milik Administrator Pelabuhan (Adpel), Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Navigasi, dan kapal dari Pelabuhan Rakyat (Pelra) Tanjung Perak.

Dengan akan digelarnya parade kapal, Pimpro Jembatan Suramadu AG Ismail memastikan sudah memasang lampu navigasi di dek bawah jembatan Suramadu untuk mengatur arus lalu lintas kapal yang lewat di bawah jembatan. “Pemasangannya sudah rampung dan telah kita koordinasikan dengan Dishub,” jelas Ismail. uji

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: