Massa Serbu Suramadu, Foto-fotoan

Juni 12, 2009 at 12:33 pm (Suramadu)

Kamis, 11 Juni 2009


Surabaya – Surya

Kegairahan masyarakat dalam menyambut pengoperasian secara resmi Jembatan Suramadu, Rabu (10/6) kemarin, benar-benar luar biasa. Saking tingginya antusiasme warga untuk segera menjajal jembatan terpanjang di Indonesia itu, hanya selang beberapa menit setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meninggalkan tempat peresmian di Kabupaten Bangkalan (Madura), ribuan orang langsung menerobos masuk jembatan itu dari sisi Madura.

Sebetulnya, di sisi Surabaya, ribuan orang juga sudah antre dan tak sabar untuk juga memasuki jembatan sepanjang 5,438 kilometer itu. Namun, karena akses masuk dari sisi Surabaya ditutup rapat, warga tertahan di pintu gerbang jembatan yang dibangun dengan dana Rp 4,5 triliun ini.

Baru pada sore hari setelah akses dari sisi Surabaya dibuka, manusia menyemut memasuki Suramadu, sehingga suasananya riuh-rendah dan jalur jadi macet seperti perayaan Tahun Baru. Kemacetan terutama terjadi di jalur sepeda motor.

Presiden SBY dan rombongan meninggalkan tempat acara peresmian di Dusun Sumber Wungu, Desa Sukolilo Barat, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan, sekitar pukul 11.40 WIB. Sedangkan peresmian jembatan yang ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Presiden dilakukan pukul 10.05 WIB.

Selain Ny Ani Yudhoyono, saat penekanan tombol itu Presiden juga didampingi Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Komunikasi dan Informatika M. Nuh. Acara peresmian dihadiri sekitar 6.500 undangan, termasuk seluruh bupati/wali kota se Jatim, sejumlah gubernur dan tokoh masyarakat.

Berdasarkan pantauan Surya, baru saja Presiden dan rombongan meninggalkan lokasi acara dan pengamanan agak longgar, ribuan orang dari sisi Madura menerobos barikade dan memasuki jembatan ini dengan menggunakan kendaraan roda dua. Bahkan, ada yang nekat berjalan kaki di tengah terik matahari siang itu. Padahal sebagian undangan belum pulang.

Ternyata, sebagian besar tidak menuju Surabaya. Buktinya, di bagian tengah jembatan yang berkonstruksi kabel, mereka justru berfoto ria. Ada pula yang memanjat pagar dan bergelantung di kabel baja.

“Ini kan hari bersejarah. Apa salahnya diabadikan,” kata Abdul Dhofir, pemuda asal Sampang, yang mengaku datang sejak subuh hanya untuk mengambil gambar dirinya dengan ponsel.

Kata dia, sejak lama dirinya ingin mengambil foto di tengah jembatan namun tidak pernah bisa. ”Mumpung belum dibuka untuk umum. Kalau sudah dibuka, foto-fotoan bisa ditabrak motor,” katanya.
Khotidjah, warga Tanjung Bumi (Bangkalan), mengaku belum siap karena tidak membawa kamera namun hanya berniat menjajal jembatan. ”Besok saya ajak teman yang punya HP kamera untuk foto-fotoan,” kata siswa Madrasah Aliyah ini.

“Penasaran, pingin lewat saja,” kata Supriono, warga Sedati, Kabupaten Sidoarjo, ketika ditanya apa tujuannya ke Suramadu.

Pemandangan penyerbuan ratusan kendaraan memasuki jembatan ini sempat membuat ricuh. Ceritanya, petugas Jasa Marga (yang jadi operator tol jembatan) tidak sadar bahwa jembatan ini langsung dilewati pengendara umum, apalagi mulut jembatan di sisi Surabaya masih ditutup.
Agar warga tidak kebablasan sampai Surabaya, mobil Jasa Marga dilintangkan di jalur motor. Juga diumumkan bahwa jembatan belum dibuka untuk umum.

Ternyata peringatan ini justru menimbulkan kegaduhan. Para pengendara berteriak minta dibuka, membunyikan klakson bersahutan, membleyer mesin sambil memaki petugas. Peristiwa ini memancing perhatian para tamu undangan yang masih tersisa. Jumlah motor yang semakin banyak, membuat Jasa Marga mengalah. Mobil yang dilintangkan pun akhirnya dipinggirkan.

Tarif Sudah Beres
Menurut Kepala Balai Besar Jalan Nasional V yang juga penanggungjawab proyek Jembatan Suramadu, AG Ismail, pembukaan jembatan untuk umum baru dilakukan Sabtu (13/6) nanti. Yakni setelah peralatan upacara peresmian dan tenda-tenda yang jumlahnya ratusan itu dibereskan.

“Butuh waktu dua hari untuk membereskan. Setelah buka, untuk dua pekan hingga sebulan ke depan, pengendara motor atau mobil tak akan dikenakan biaya. Setelah itu pengguna jembatan akan dikenakan biaya,” tutur Ismail, kemarin.

Tidak hanya jembatannya yang membuat penasaran, acara peresmiannya juga menyedot minat warga. Di tengah suhu panas, mereka menyemut melihat peresmian dari kejauhan di gerbang jembatan di sisi Madura. Ada yang bermobil, jalan kaki tetapi kebanyakan membawa roda dua.

Ada pula ratusan warga yang menyaksikan lewat dua kapal feri yang disediakan gratis oleh PT Indonesia Ferry. Sementara itu, kemacetan terjadi di akses jalan menuju Suramadu, karena banyaknya mobil rombongan undangan yang meninggalkan lokasi acara.

Sementara itu, setelah sempat alat pembahasannya, pemerintah akhirnya mengumumkan tarif penyeberangan tol Suramadu. Untuk tarif tol roda empat golongan 1 ditetapkan sebesar Rp 30.000 per kendaraan, sedangkan untuk kendaraan roda dua Rp 3.000 per kendaraan.

Tarif tersebut lebih rendah dari tarif feri penyeberangan, yakni Rp 65.000 untuk roda empat dan Rp 5.700 untuk roda dua.

Menurut Menteri PU Djoko Kirmanto dalam sambutan peresmian Jembatan Suramadu, tarif tersebut mulai berlaku sekitar sebulan setelah masa ujicoba jembatan. Selama 18 bulan ke depan, pengelolaan tol Suramadu diserahkan pada PT Jasa Marga (Persero).

Ada yang suka menyambut beroperasinya Jembatan Suramadu, ada pula yang berduka. Para operator feri yang selama ini melayani penyeberangan Madura-Surabaya memastikan bahwa penumpang mereka akan turun drastis, diperkirakan sampai 40 persen bahkan lebih.

Masyarakat kemungkinan besar lebih memilih lewat Suramadu daripada naik feri untuk pulang-pergi Surabaya-Madura atau sebaliknya. Selain tarif tol Suramadu lebih murah, lewat Suramadu juga lebih cepat. Tak sampai 10 menit, mereka menempuh perjalanan dari pintu gerbang jembatan sisi Surabaya menuju ke gerbang sisi Madura atau sebaliknya.

“Kalau hari ini sudah dibuka untuk umum, saya akan berangkat kuliah ke Madura lewat Suramadu dengan motor,” kata Anto S, warga Surabaya yang kuliah di Universitas Trunojoyo (Bangkalan), saat ditemui di dermaga Ujung Surabaya kemarin.uca/uji/ant/st30

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: