Suramadu, Saksikan Peresmian dari 2 Kapal Gratis

Juni 12, 2009 at 12:58 pm (Suramadu)

Rabu, 10 Juni 2009
SURABAYA – SURYA

Meski Jembatan Suramadu baru dibuka untuk umum 13 Juni 2009, warga Surabaya, Bangkalan, dan sekitarnya, dapat menyaksikan langsung acara peresmian bangunan penyambung Jawa-Madura itu dari dua kapal wisata gratis yang telah disediakan.

Wildan Jazuli, Panitia Pawai Kapal Peresmian Suramadu, mengatakan, pihaknya telah menyiapkan dua kapal wisata, yakni KMP Wicitra Dharma dan KMP Banyumas, untuk warga.

Dua kapal itu, katanya, merupakan bagian dari 16 kapal yang akan berpartisipasi dalam pawai kapal peresmian Suramadu. Setiap kapal bisa mengangkut 500 penumpang.

“Siapa saja yang mau naik menyaksikan momentum bersejarah peresmian Jembatan Suramadu dipersilakan. Tidak dipungut biaya alias gratis,” ujar Wildan, Senin (8/6).

Menurut Manajer Operasional PT Indonesia Feri (ASDP) Pelabuhan Kamal Bangkalan ini, untuk dapat naik KMP Wicitra Dharma dan KMP Banyumas, warga harus datang sebelum parade kapal mulai bersiap-siap pada pukul 08.00 WIB.

Tujuannya, agar petugas dapat menyeleksi dengan seksama setiap orang yang akan naik. Misalnya, memeriksa kartu identitas. Hal itu penting, karena semua rangkaian egiatan acara harus dikoordinasikan dengan Paspampres selaku penanggung jawab keamanan kepala negara dan panitia terkait lainnya.

Dalam pawai kapal besok, semua kapal peserta pawai harus sudah siap di Dermaga Jamrud Utara Pelabuhan Tanjung Perak pada pukul 08.00 WIB. Ketika acara peresmian dimulai, kapal langsung bergerak menuju bawah jembatan. Pawai kapal akan dimulai bersamaan dengan dipencetnya tombol peresmian Jembatan Suramadu oleh Presiden SBY.

Sementara itu, dalam rakor panitia pawai kapal di kantor Adpel, Senin (8/6) sore, dari 16 kapal yang ikut pawai, baru 10 kapal yang memastikan berpartisipasi. Mereka berasal dari satker di Pelabuhan Tanjung Perak, seperti, kapal milik Adpel, Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Navigasi, Pelra, dan kapal milik perusahaan swasta yang melayani penyeberangan Ujung – Kamal.

Kabid Perhubungan Laut Dishub & LLAJ Jatim, Bambang Jatmiko menambahkan, pawai kapal ini untuk menyemarakkan peresmian Suramadu. Pimpro Jembatan Suramadu AG Ismail memastikan pihaknya sudah memasang lampu navigasi di dek bawah Suramadu untuk mengatur arus lalu lintas kapal yang akan lewat di bawah jembatan. uji

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: