Hari Ini Suramadu Dibuka Mulai Pukul 13.00 WIB

Juni 15, 2009 at 10:38 am (Suramadu)

* Gratis Selama Uji Coba
Sabtu, 13 Juni 2009

SURABAYA – SURYA

Tingginya animo masyarakat yang ingin melewati Jembatan Suramadu direspons serius PT Jasa Marga. Hari ini, Sabtu (13/6), jembatan tol 5,438 kilometer itu resmi dibuka untuk umum.
“Waktu pembukaannya tepat pukul 13.00 WIB,” tegas Kepala PT Jasa Marga Cabang Surabaya-Gempol dan Suramadu Agus Purnomo, Jumat (12/6).

Dengan pembukaan Sabtu, berarti pelaksanaan uji coba operasionalisasi Suramadu lebih cepat sehari daripada yang dijanjikan Menteri PU Djoko Kirmanto pada Minggu (14/6).
Percepatan ini terjadi karena pembongkaran tenda peresmian ternyata dapat dilakukan lebih cepat. “Malam nanti tenda sudah terbongkar semua, jadi setelah semua persiapan beres, kita sepakat besok siang Suramadu dibuka untuk umum,” jelasnya.

Mulai hari ini, semua jenis kendaraan dapat melewati jembatan yang dibangun dengan dana Rp 4,5 triliun ini. Mulai kendaraan golongan I (sedan, kijang, dan MPU), golongan II (truk ban belakang dobel), golongan III (kendaraan bergardan tiga), golongan IV (kendaraan sumbu roda empat), dan golongan V (sumbu roda lima), dan kendaraan golongan VI (sepeda motor).

Selama waktu uji coba, semua jenis kendaraan tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis ketika melewati Suramadu. Meski demikian, petugas pintu tol akan tetap memberi tiket masuk kepada setiap pengendara kendaraan bermotor.

Hal itu dinilai penting agar masyarakat – terutama pengendara motor terbiasa antre dan tidak saling serobot. “Tol untuk sepeda motor ini kan baru kali ini ada,” imbuhnya.
Untuk itu, menyongsong pembukaan secara resmi tersebut, PT Jasa Marga akan melakukan sosialisasi dengan memasang sejumlah spanduk dan membagikan selebaran kepada masyarakat.

Lantas berapa lama waktu uji coba? Agus belum dapat memastikan. Namun, dia memperkirakan cukup satu minggu. Sebab, kalau uji coba gratis terlalu lama, bisa mengurangi jumlah penumpang dan kendaraan yang lewat kapal feri di Pelabuhan Ujung – Kamal. “Selama uji coba gratis nanti dinyatakan cukup, kami akan langsung menerapkan tarif sesuai yang ditetapkan Menteri PU,” tukasnya.

Besarnya tarif tol Suramadu berkisar antara Rp 3.000 sampai Rp 90.000 (lihat tabel). Tarif ini jauh lebih murah dibandingkan penyeberangan feri Ujung – Kamal, dimana motor dikenai Rp 5.800 dan kendaraan roda empat golongan I dikutip Rp 65.000.

Mengenai menurunnya jumlah penumpang feri pada masa uji coba Suramadu, Kepala PT Indonesia Feri (ASDP) Cabang Surabaya Prasetyo sebelumnya mengatakan, kemungkinan itu bisa terjadi. Pada saat Suramadu digratiskan sehari usai peresmian saja, pengguna kapal feri Ujung-Kamal turun drastis hingga lebih dari 50 persen.

Namun, penurunan pada masa uji coba itu, lanjutnya, belum dapat dijadikan pijakan untuk menetapkan persentase penurunan, karena Suramadu masih digratiskan. “Kami baru akan mengevaluasi kalau tarif Suramadu yang ditetapkan sudah diberlakukan resmi,” ujarnya. uji

Tarif Suramadu
(Setelah Uji Coba Gratis)

——————————
Golongan I (sedan, kijang, dan MPU)                  Rp 30.000
Golongan II (truk ban belakang dobel)              Rp 45.000
Golongan III (kendaraan bergardan tiga)         Rp 60.000
Golongan IV (kendaraan sumbu roda empat) Rp 75.000
Golongan V (sumbu roda lima)                             Rp 90.000
Golongan VI (sepeda motor)                                 Rp 3.000

Sumber: PT Jasa Marga Cabang Surabaya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: