Suramadu Cuma Gratis Tiga Hari

Juni 15, 2009 at 10:40 am (Suramadu)

* 17 Juni Harus Bayar

* Masyarakat Langsung Menyerbu

14 Juni 2009

SURABAYA – SURYA

Janji pemerintah yang akan menggratiskan tarif Jembatan Suramadu selama dua minggu sampai sebulan ternyata hanya isapan jempol belaka. Pasalnya PT Jasa Marga selaku operator memastikan bahwa tarif tol Suramadu akan resmi diberlakukan mulai Rabu, 17 Juni nanti tepat pukul 07.00 WIB. Ini berarti masyarakat hanya dapat menikmati tarif gratis tol Suramadu selama empat hari saja.

Kepala PT Jasa Marga Tol Surabaya – Gempol dan Suramadu Agus Purnomo mengatakan, pemberlakuan tarif tol Suramadu mulai 17 Juni tersebut mengacu pada Keputusan Menteri Pekerjaan Umum (PU) nomor 385/2009 tertanggal 10 Juni. Dalam Kepmen ini dijelaskan, tarif harus sudah berlaku tujuh hari setelah keputusan diteken. “Karena amanat Kepmen demikian, kami selaku operator akan patuh terhadap aturan yang telah ditetapkan,” ujarnya kepada Surya, Sabtu (13/6).

Mengenai perbedaan waktu pemberlakuan uji coba gratis antara yang disampaikan pemerintah dengan realisasinya, pertimbangannya pemerintah khawatir pelaksanaan di lapangan belum siap. “Makanya waktunya diperkirakan antara dua minggu sampai sebulan. Tapi kalau semuanya sudah siap kan juga tidak masalah. Apalagi PT Jasa Marga selaku operator sejak awal menyatakan, kapanpun tol Suramadu dioperasionalkan kita sudah siap,” jelasnya.

Meski demikian, kalaupun uji coba tol Suramadu yang digratiskan berlangsung selama sebulan, bagi PT Jasa Marga hal itu tidak ada pengaruhnya. Yang belum siap, kata Agus adalah pengelola penyeberangan kapal feri dari Pelabuhan Ujung – Kamal yang menjadikan tol Suramadu sebagai kompetitornya. “Mereka (operator feri) takut rugi. Kalau kami sih tidak rugi meski uji coba gratisnya berlangsung dua minggu atau sebulan,” imbuh Agus.

Sebelumnya, Menteri PU Djoko Kirmanto dalam beberapa kali kunjungannya ke Suramadu menegaskan, bahwa operasionalisasi tol Suramadu secara gratis paska diresmikan akan berlangsung antara dua minggu hingga satu bulan. Dengan rentang waktu tersebut, selain memberi kesempatan masyarakat yang ingin menjajal jembatan terpanjang di Indonesia, juga untuk menyiapkan sejumlah hal sebelum memberlakukan tarif tol kepada pengendara bermotor.

Menyusul akan diberlakukannya tarif tol Suramadu, Ketua Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (Gapasdap) Jatim, Bambang Harjo minta pemerintah meninjau kembali tarif tol Suramadu yang telah diteken. “Kami minta tarif tol Jembatan Suramadu dinaikkan. Hal itu penting agar kapal feri penyeberangan Ujung – Kamal dapat bersaing,” tegasnya.

Tarif tol Suramadu yang berlaku saat ini lebih murah 60-70 persen dibandingkan tarif feri. Motor misalnya, kalau melintas Suramadu ditarik Rp 3.000 sementara lewat feri dikutip 5.800. Hal sama terjadi pada kendaraan golongan I (sedan, kijang, dan MPU), di Suramadu dikutip Rp 30.000, sementara feri ditarik Rp 65.000.

Sementara itu, setelah resmi di buka untuk umum Sabtu (13/6) mulai pukul 13.00 WIB, Jembatan Suramadu langsung diserbu masyarakat. Penumpukan kendaraan – baik roda dua maupun empat di pintu masuk tol, baik di sisi Surabaya maupun Madura. Bahkan untuk roda dua, badan jalan sampai penuh sesak oleh motor masyarakat yang ingin mencicipi lewat tol Suramadu. Padatnya antrean tersebut masih terlihat hingga malam hari. “Mumpung gratis, Mas,” ujar Solikin, warga Tambaksari yang mengaku sudah lama ingin menjajal Suramadu di hari pertama setelah resmi di buka.

Ternyata, tidak hanya warga Surabaya dan Madura yang ingin menikmati jembatan sepanjang 5,438 kilo meter ini. Warga dari luar kota, seperti Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Pasuruan, Malang, dan Jember juga banyak yang mencoba melintas di Suramadu. uji

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: