Mahir Golf dan Berselancar, Meski Tak Punya Lengan dan Kaki

Juli 3, 2009 at 9:58 am (Ada-ada Saja) (, , , , )

Jumat, 3 Juli 2009

LOS ANGELES

Nick Vujicic memang dilahirkan tanpa kedua lengan dan kaki, kecuali dua jari tidak sempurna yang tumbuh di pangkal pahanya. Namun pria 26 tahun ini bukan orang sembarangan, bahkan ketika dibandingkan dengan manusia bertangan kaki lengkap.

Mungkin sulit membayangkan Nick berenang, berselancar, mengetik, menulis bahkan mengayunkan tongkat golf. Tetapi, percaya atau tidak semua kegiatan yang normalnya membutuhkan tangan dan kaki bisa dilakukannnya dengan baik. “Saya menyebutnya stik drum ayam,” kata Nick tentang dua jari kecil itu seperti dikutip Daily Mail, Kamis (2/7).

Ya dengan dua jari itu ia menyeimbangkan tubuh ketika bergerak, menendang bola, menulis dan mengetik. Ia mengaku sangat tergantung pada dua jari itu. “Di air saya mengambang karena 80 persen tubuh saya adalah paru-paru dan stik drum itu saya gunakan sebagai baling-baling,” ujarnya.
Saat berlibur di Hawaii pada 2008, ia sempat belajar berselancar. Gurunya adalah Bethany Hamilton, peselancar profesional yang satu tangannya putus akibat digigit hiu ketika berusia 12 tahun.

Soal berselancar pun Nick cepat belajar. Bahkan ia sanggup berputar 360 derajat dan itu membuatnya menjadi gambar sampul majalah surfing Surfer.

Sedangkan soal golf, Nick juga mahir. Ia bisa memukul dengan baik meski harus menjepit tongkat golf dengan pundak dan pipinya.

Nick lahir di Melbourne Australia namun sekarang ia menetap di Los Angeles. Ketika Nick lahir, ayahnya begitu terperanjat melihat bentuk buah hatinya dan langsung meninggalkan ruangan hanya untuk muntah. Sedangkan sang ibu tidak berani menggendong sampai ia berusia empat bulan.

Bertahun-tahun kedua orangtua Nick mencari tahu bagaimana bisa anaknya menderita kelainan yang disebut phocomelia itu. Namun sampai sekarang pun mereka tidak mendapatkan jawabannya. ”Ibu saya perawat dan beliau melakukan semua yang terbaik untuk menjaga kandungannya. Tetapi ia masih menyalahkan dirinya sendiri,” kata Nick.

Nick mengaku kedua orangtuanya melalui hari-hari yang sangat berat, namun ia juga tahu mereka melakukan semua yang terbaik untuk membuatnya mandiri. ”Ayah mencemplungkan saya ke air ketika umur saya 18 bulan. Beliau terus menggugah keberanian saya untuk berenang,” kenangnya.

Cara lain, Nick belajar di sekolah umum. Memang sangat berat karena di sana ia selalu menjadi bahan tertawaan dan pelecehan. ”Itu keputusan terbaik yang mereka buat untuk saya. Berat, tapi itu membuat saya mandiri,” katanya. Benar saja. Ia menjadi murid yang brilian dan pada usia 26 tahun ia sudah mendapat dua gelar sarjana di bidang perencanaan keuangan dan real estat.

Soal asmara, Nick juga tidak bisa diremehkan. Ia pernah punya kekasih yang bertahan cukup lama. Namun sebagai penganut Kristen Injili yang taat, ia menjaga diri untuk tidak berhubungan seks sebelum menikah. “Dia sangat sederhana, namun banyak gadis yang ingin menikah dengannya. Dia kepingin menikah dan membentuk keluarga, tetapi masih menunggu gadis yang tepat,” kata Steve Apple, penulis dan teman Nick di Los Angeles.

Nick sekarang menjadi motivator terkenal dan telah berkelana ke 24 negara. Kalau dikumpulkan audiensnya sudah mencapai 110.000 orang. Pada 1990 ia mendapat gelar Warga Muda Australia Tahun Ini atas keberanian dan keteguhannya. dai/tel/sas

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: