Ternyata Obama Juga Suka Jelalatan

Juli 11, 2009 at 10:41 am (Ada-ada Saja, Berita 2009) (, , , , , , , , , , , , )

Sabtu, 11 Juli 2009

L’AQUILA – Sejenak lupa diri menghinggapi Presiden AS Barack Obama ketika mengikuti pertemuan puncak negara kaya, G8 di kota L`Aquila, Italia. Insiden menggelikan terjadi ketika Obama mengikuti sesi foto bersama dengan para pemimpin negara G8 lainnya di Main Conference L`Aquila, kota yang tahun lalu luluh lantak akibat gempa. Pada Kamis (9/7) waktu setempat itu, para pemimpin G8 baru saja selesai berfoto, kemudian peserta foto ditambah sebagian dari J8 (sebutan untuk delegasi muda dari negara-negara G8), yang terdiri atas 54 remaja berusia 14-17 tahun.

Ketika para delegasi muda itu maju, lewatlah Mayora Tavares, gadis 16 tahun asal Brasil. Rupanya penampilan Mayora menarik perhatian Obama. Ketika gadis itu lewat di samping kirinya, pandangan Obama pun mengikuti, khususnya pada (maaf) pantat Mayora.

Obama tidak sadar bahwa Presiden Prancis Nicolas Sarkozy memperhatikan tingkahnya sambil tersenyum dan mungkin sekali berkata dalam hati, “Dasar anak muda.” Bukan hanya tidak sadar diperhatikan koleganya, Obama juga tidak sadar bahwa tingkahnya itu diabadikan seorang fotografer. Foto itu kemudian menjadi tersebar ke seluruh dunia. Bahkan situs Huffington Post memberi judul ”Apa sih yang kalian perhatikan?”

Bahkan di Yahoo News, foto itu menempati urutan pertama foto berita dalam ketegori paling banyak di-email dan disarankan untuk dilihat. Tentu saja versi videonya juga mempir di YouTube. Sesi foto Kamis atau hari kedua Pertemuan Puncak ke-35 G8 itu mengundang geli para delegasi. Obama lagi-lagi sumbernya. Presiden berusia 48 tahun itu hampir terlambat berdiri di panggung bersama kepala negara lainnya. Ia menarik perhatian para delegasi karena berlari menuju panggung dengan iringan tepuk tangan rekan-rekannya dari atas panggung foto.

Anggota G8 adalah negara-negara maju dunia yang terdiri dari Amerika Serikat, Inggris, Italia, Jerman, Prancis, Jepang, Kanada dan Rusia. Pertemuan itu juga dihadiri lima negara berkembang yang disebut G5, yaitu Brasil, China, India, Meksiko dan Afrika Selatan.

Kejadian-kejadian menggelikan itu bisa sejenak mengendurkan saraf para pemimpin dan delegasinya di tengah keseriusan mereka membicarakan berbagai persoalan penting dunia, terutama krisis ekonomi, krisis energi, krisis pangan, keamanan dan perubahan iklim yang menjadi agenda pertemuan itu.

Tetapi ironi tidak lepas dari pertemuan ini. Sebelum membahas krisis pangan, para pemimpin itu menyantap lima macam hidangan lezat dalam acara makan malam dengan tuan rumah Presiden Italia, Giorgio Napolitano. Padahal setelah itu mereka bertemu dengan sejumlah pemimpin Afrika yang selama ini menjadi fokus perhatian dalam soal pangan, karena banyak kelaparan di benua itu.

Menurut daftar menu yang diungkap salah satu peserta makan malam, para pemimpin itu disuguhi salad tomat hangat dengan keju, dan diikuti oleh makaroni buatan tangan dengan saus ragi, daging kambing panggang dengan buncis dan jamur dengan aubergine, kacang buncis hijau dan kentang panggang, keju dan makanan penutup pizza manis yang dibuat dengan buah ketapang.

Makanan tersebut, yang dimasak oleh Kepala Juru Masak Michele Persechini, disertai oleh serangkaian enam anggur. Sementara itu, pada menu terpisah yang disiapkan oleh Kepala Juru Masak Bintang-Dua Michelin Nico Romito, pasangan para pemimpin tersebut dapat memilih antara empat makanan pembuka sebelum menikmati daging kambing dengan selada kentang hangat bagi makanan utama dan coklat dingin dan hangat dengan biji adas sebagai menu penutup. ap/huf/ant/sas/surya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: