Umur Pria Terpendek di Dunia Ternyata Pendek

Maret 17, 2010 at 12:32 pm (Ada-ada Saja, Berita 2010) (, )

ROMADunia baru saja kehilangan sosok yang mampu menarik perhatian karena keunikan yang dimilikinya. Adalah He Pingping, pria terpendek di dunia yang meninggal dunia di usia 21 tahun, Sabtu (13/3) akhir pekan lalu. Kematian Pingping baru diumumkan pihak Guiness World of Records, Selasa (16/3).

Pingping yang memiliki tinggi 74,61 cm ini tengah berada di Roma, Italia, dalam rangka pembuatan program televisi berjudul The Record Show. Saat syuting berlangsung, Pingping mengeluh dadanya sakit. Ia pun dilarikan ke rumah sakit.
Selama dua pekan Pingping dirawat di rumah sakit. Sayang, Tuhan berkendak lain dan ia tutup usia pekan lalu. Ia meninggal di usia pendek karena komplikasi jantung.

Pihak Guinness World Records menyebut Pingping sebagai sosok yang membuat pengaruh besar ke seluruh dunia.

“Mulai pertama saya berjumpa dengannya, saya tahu ia sosok yang spesial. Ia memiliki senyum yang menawan dan memiliki kepribadian yang ramah,” puji Craig Glenday, Kepala Editor Guinness World Records.

Glenday sendirilah yang mengukur tinggi badan Pingping di Mongolia Dalam, China dan mengumumkan statusnya sebagai pria terkecil di dunia tahun 2008 silam.

“Ia membawa kebahagiaan bagi siapapun yang bertemu dengannya dan menjadi inspirasi bagi mereka yang dilahirkan berbeda,” imbuhnya.

Pihak Europroduzione, perusahaan produksi televisi yang mengundang Pingping mengungkapkan, pria tersebut telah menjalani syuting dua episode, ketika mengeluh tidak enak badan.

“Ia merasa sakit dan kami memutuskan untuk membawanya ke rumah sakit. Ia masuk ke RS dua minggu lalu dan menjalani semua tes kesehatan. Ia sosok yang sangat spesial, sehingga harus menjalani pemeriksaan mendalam,” ujar Marco Fernandez de Araoz, Direktur Komunikasi Europroduzione.

Menurut Araoz, Pingping meninggal Sabtu sore dan berdasarkan permintaan keluarganya, jenazahnya akan dipulangkan ke China untuk dimakamkan di sana.

Pingping lahir di Wulanchabu, China tahun 1988. Ia terlahir dengan kondisi primordial dwarfism, dimana ukuran tubuhnya tidak bisa berkembang normal. Menurut ayah Pingping, saat ia dilahirkan, badannya sangat kecil. Begitu mungilnya hingga bisa diletakkan di telapak tangan orangtuanya.

Ia tinggal dengan orangtuanya di Mongolia, China dan terus melakukan perjalanan keliling dunia, sejak mendapat gelar dari Guiness World Records, bulan Maret 2008.

Pertengahan Januari kemarin, untuk pertama kalinya Pingping bertemu dengan Sultan Kosen, 27, pria tertinggi di dunia. Keduanya bertemu dalam pembukaan Guinness World Record Live! Roadshow di Istanbul, Turki. Pertemuan ini merupakan kejadian istimewa dan langka.

Dengan tubuh menjulang tinggi hingga 2,465 meter, Kosen tak ragu-ragu memuji keunikan Pingping saat itu.

“Saya selalu ingin bertemu Pingping, terutama semenjak saya mendapat gelar pria tertinggi di dunia,” aku Kosen.

Saat bertemu untuk pertama kalinya, Kosen mengaku terkejut melihat ukuran tubuh Pingping yang sangat kecil.

“Saya sempat mengalami kesulitan untuk melihatnya di bawah sana. Penyebabnya adalah perbedaan ketinggian,” imbuhnya.

Tahun lalu, Pingping juga sempat bertemu Svetlana Pankratova, perempuan dengan kaki terpanjang di dunia, yang mencapai 1,3 meter.

Pihak Guinness World Records akan mengumumkan pengganti rekor yang dipegang Pingping dalam waktu dekat. Beberapa waktu lalu, Khagendra Thapa Magar, 18, dari Nepal mengaku dirinya berhak menyandang gelar pria terpendek di dunia karena hanya memiliki tinggi 51 cm. mail/bbc/surya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: